Clock

Daftar Blog Rekan UPTD

Daftar Tautan Utama

Merasa Letih Terus Menerus? Saatnya Cari Tahu Penyebabnya

Diposting oleh Unknown Senin, 08 November 2010

Banyak orang mengaku merasa lelah setelah kurang tidur semalaman, saat setelah menjalani hari yang penuh tekanan atau saat mengalami alergi. Tapi, jika Anda terus menerus merasa kelelahan padahal sudah cukup tidur atau tanpa alasan yang jelas, saatnya mencari tahu apa penyebabnya. Dan mungkin Anda harus melakukan sesuatu guna mengatasinya. Berikut tips untuk meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan.

- Jadikan tidur berkualitas sebagai prioritas.Jika Anda kerap memulai tidur dan bangun di waktu yang berbeda-beda, mungkin ini penyebab kelelahan tak berujung. Buat jadwal jam tidur yang teratur. Untuk normalnya cukup tidur adalah tujuh atau delapan jam sehari.
- Hindari makanan atau minuman yang menyebabkan susah tidur. Alkohol, cafeine, tembako dan obat-obatan bisa jadi penyebab rasa lelah atau yang lebih buruk lagi dari itu. Selain itu, juga bisa menyebabkan memburuknya kesehatan.

- Konsumsi makanan sehat. Diet seimbang termasuk mengkonsumsi buah dan sayuran dapat membantu menstabilkan energi Anda. Tapi hindari makanan dan minuman yang mengandung gula dan lemak tinggi. Jenis makanan ini rendah nutrisi.

- Jaga kadar air. Dehidrasi bisa jadi penyebab kelelahan. Jadi minum lah banyak air sepanjang hari.

- Atasi stres. Untuk membantu Anda rileks, coba lakukan latihan pernafasan atau meditasi.

- Berolah raga. Lakukan aktivitas fisik secara teratur - setidaknya selama 30 menit, lima kali seminggu. Olah raga dapat membantu tubuh Anda jadi lebih efisien saat melakukan aktivitas. Tapi jangan berolah raga sebelum waktu tidur.

- Jaga kesehatan emosional. Rasa letih bisa jadi sebagai akibat dari kegelisahan, depresi atau kondisi kejiwaan lainnya. Jika keletihan dan masalah emosional mempengaruhi kemampuan Anda melakukan pekerjaan setiap hari, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter.

- Tinjau pengobatan. Banyak jenis obat seperti antihistamines dan diuretics yang membuat Anda merasa lelah. Jika obat-obat yang Anda konsumsi membuat Anda merasa letih, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk minta menggantinya dengan obat lain.

- Buat catatan kapan saat-saat Anda merasa letih. Jadikan daftar ini sebagai acuan saat memeriksakan diri pada dokter. Hal ini mungkin dapat membantu Anda menemukan penyebabnya.

Terkadang beberapa kondisi kesehatan, seperti anemia dapat menyebabkan rasa letih. Jadi, jika Anda mengalami rasa letih tak berkesudahan sebaiknya konsultasikan pada dokter. (kpl/mrt/erl) (KapanLagi.com - )

0 komentar

Posting Komentar

Print This Page

Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Pengunjung Blog

Obrolan


ShoutMix chat widget